Koleksi Pustaka
Dalam beberapa tahun terakhir, industri game di Indonesia telah menunjukkan pertumbuhan yang sangat pesat, baik dari sisi jumlah pemain maupun kontribusi terhadap ekonomi digital. Berdasarkan data Asosiasi Game Indonesia (AGI), Indonesia memiliki pasar video game yang besar senilai 1 milliar dollar AS(Rp.14,3 triliun) pada tahun 2021, menjadikannya salah satu sektor digital yang paling potensial untuk terus dikembangkan. Hal ini tidak terlepas dari semakin meluasnya akses terhadap teknologi, meningkatnya jumlah pengguna perangkat mobile, serta tingginya antusiasme masyarakat terhadap produk-produk kreatif local (AGI, 2021). Pertumbuhan ini menjadi peluang besar bagi perusahaan lokal untuk mengembangkan produk inovatif di sektor game. PT. Menara Indonesia, melalui merk M-Knows Consulting, adalah salah satu perusahaan yang memanfaatkan peluang tersebut. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultasi manajemen dan solusi digital, PT. Menara Indonesia mengembangkan berbagai produk inovatif seperti aplikasi pendidikan, solusi artificial intelligence, virtual reality, dan pengembangan game. Perusahaan ini juga berperan sebagai induk dari PT. Menara Pengetahuan Indonesia, perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pendidikan dan pelatihan, berkantor pusat di Jakarta dan memiliki cabang di Surabaya. Perusahaan ini terus mendorong transformasi digital di berbagai sektor, termasuk industri game. Salah satu proyek utama yang dikembangkan adalah “Cresser Project”, sebuah game rogue-lite beat ‘em up RPG, dimana pemain dapat mengendalikan sebuah party pengguna sihir yang kuat dinamakan cresser. Pemain akan membentuk sebuah tim yang terdiri dari tiga orang saat mereka akan dikirim ke sebuah ekspedisi di convergence, sebuah dimensi alternatif yang berdekatan dengan dunia normal yang kaya akan sumber daya. Namun, dimensi tersebut memiliki karakteristik; dunia lain ini tidak stabil dan cenderung berpindah-pindah, menyebabkan bidang keberadaannya sering berubah-ubah setiap kali ekspedisi berlangsung. Pemain harus merencanakan strategi mereka dengan hati-hati dan memikirkan resiko dari perjalanan ini, karena sebuah kecerobohan dapat mengakhiri ekspedisi tersebut. Secara keseluruhan, game ini menjanjikan pengalaman yang imersif dan menarik bagi mereka yang menyukai rpg strategis dengan sentuhan ketidakpastian. Sebagai bagian dari tim pengembang game ini, penulis berkesempatan untuk bergabung dalam program magang di PT. Menara Indonesia. Sebagai mahasiswa semester 7 dari Politeknik Negeri Jakarta jurusan Teknik Informatika dan Komputer, penulis bertanggung jawab dalam berbagai aspek pengembangan, termasuk pemrograman gameplay, implementasi aset 2D untuk gameplay, dan bug fixing pada sistem yang memiliki masalah atau bug. Pengalaman ini memungkinkan penulis untuk berkontribusi langsung sekaligus mempelajari proses pengembangan game secara mendalam.