Koleksi Pustaka
Menurut Anwar (2015), internship atau program magang merupakan proses pembelajaran di mana seseorang memperoleh dan menguasai keterampilan tertentu dengan atau tanpa bimbingan dari individu yang telah terampil dalam pekerjaan tersebut. Berdasarkan Kurikulum Program Studi Teknik Multimedia Digital Tahun 2021, mahasiswa semester 7 diwajibkan mengikuti Magang Industri Terstruktur dengan durasi waktu yang telah ditentukan. CV Ponders Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan informasi, khususnya komputer, yang telah berdiri sejak tahun 2008. Perusahaan ini memulai perjalanannya sebagai reseller suku cadang komputer melalui sebuah toko kecil di Harco Mangga Dua. Seiring waktu, perusahaan telah berkembang dan kini memiliki tiga unit usaha utama, yaitu Ponders Komputer, Daebak Tokpoki, dan Greenplum. Unit usaha Ponders Komputer berfokus pada penjualan produk teknologi, termasuk suku cadang komputer dan laptop. Produk suku cadang komputer yang dijual mencakup VGA, prosesor, motherboard, power supply, memori, dan hard disk. Sementara itu, untuk kategori laptop, perusahaan menawarkan merek-merek terkenal seperti LG, Samsung, Lenovo, dan Dell. Meskipun telah berdiri selama 16 tahun, CV Ponders Indonesia hingga saat ini belum memiliki Company Profile. Hal ini menjadi hambatan dalam membangun citra positif perusahaan, meningkatkan kepercayaan pelanggan, serta mendukung perkembangan bisnis yang lebih luas. Untuk mengatasi permasalahan ini, CV Ponders Indonesia membuka lowongan magang untuk posisi Content Creator dengan tanggung jawab utama menyusun dan memproduksi Company Profile. Penyusunan Company Profile merupakan bagian dari strategi branding perusahaan yang bertujuan menciptakan citra profesional, meningkatkan kesadaran merek (brand awareness), dan memperluas jangkauan pasar. Dalam era digital saat ini, 1 branding yang kuat sangat penting untuk membedakan perusahaan dari kompetitor, menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan, serta membangun kepercayaan yang berkelanjutan. Selain tugas utama tersebut, Content Creator juga bertanggung jawab memproduksi konten harian berupa grafis atau video untuk mempromosikan produk perusahaan di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Dengan memanfaatkan strategi konten kreatif dan relevan, perusahaan berharap dapat meningkatkan penjualan sekaligus memperkuat identitas merek di mata masyarakat.